Type something and hit enter

ads here
By On
advertise here
Hijrah merupakan jalan yang bisa dilalui seseorang untuk mendapatkan kebaikan di dunia dan di akhirat. Ketika tekad sudah bulat untuk berhijrah maka konsekuensinya adalah istiqomah. Nah, yang menjadi pertanyaan, Bagaimana caranya untuk tetap istiqomah dalam hijrah di tengah badai fitnah dimana-mana? Mungkin beberapa tips di bawah ini bisa menjadi solusi bagi Anda.

Begini Cara untuk Istiqomah dalam Hijrah

Perbaiki Diri

Jika ingin memperbaiki diri maka hal pertama yang harus diperbaiki adalah segumpal darah yang ada di dalam tubuh manusia yakni hati. Coba perhatikan perkataan dari Abu Hurairah r.a. "Hati adalah raja, sedangkan anggota tubuh adalah tentara. Jika raja itu baik, niscaya baik pula tentaranya. Jika raja itu buruk, maka akan buruk pula tentaranya.". Jadi, baik tidaknya seseorang tergantung bagaimana hatinya. Jika hati sudah menjadi baik maka baiklah diri ini, begitupula sebaliknya.

Rutinkan Sholat

Sholat yang dimaksud di sini adalah sholat wajib maupun sholat sunnah. Kenapa mesti dirutinkan? karena sholat merupakan tiang agama, untuk bisa menegakkan agama maka harus sholat. “Shalat adalah tiang agama. Barangsiapa yang menegakkan shalat, maka ia menegakkan agama, dan barangsiapa yang meninggalkan shalat berarti ia merobohkan agama" (H.R. BUkhari dan Muslim).

Bukan hanya itu, sholat juga bisa mencegah dari perbuatan keji dan mungkar serta bisa menggugurkan dosa-dosa kecil yang telah kita lakukan. Coba menengok ke belakang, bagaimana kualitas sholatmu? dan bagaimana kualitas maksiatmu? Refleksi seperti ini perlu dilakukan agar ke depannya bisa diperbaiki mumpung masih diberikan kesempatan hidup.

Membaca Alquran

Membaca Alquran merupakan bisnis yang tiada merugi. Terbata-bata mendapatkan 2 kebaikan, kalau sesuai dengan kaidah yang baik dan benar mendapatkan 10 kebaikan. Seperti dalam hadits, “Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitabullah (Al Qur`an), maka baginya satu pahala kebaikan & satu pahala kebaikan akan dilipat gandakan menjadi sepuluh kali, aku tak mengatakan ALIF LAAM MIIM itu satu huruf, akan tetapi ALIF satu huruf, LAAM satu huruf & MIIM satu huruf" (H.R. At Tirmidzi). Selain itu, menyibukkan diri dalam membaca Alquran akan meminimalisir kemungkinan Kita disibukkan dalam kemaksiatan. 

Memperbanyak Istighfar

Istighfar merupakan kalimat memohon pengampunan kepada Allah atas segala bentuk dosa dan maksiat yang telah dilakukan. Bukan hanya itu, Allah akan memberikan kelapangan kepada mereka yang senantiasa selalu beristighfar kepadaNya. Istighfar juga menjadi refleksi atas banyaknya dosa yang telah dilakukan. Salah satu keutamaan istighfar adalah bisa menggugurkan dosa-dosa, meskipun kalimatnya sangat pendek dan mudah tuk diucapkan.

Memperbanyak sedekah

Salah satu keutamaan dari sedekah yang masih belum banyak yang menyadarinya adalah bisa menghapuskan dosa-dosa yang telah berlalu. Selain itu, bisa menjadi penolak bala di dalam diri kita.  “Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. Al-Baqarah: 271)

Memperbanyak Teman yang Shaleh/Shalehah

Salah satu kunci istiqomah yang paling ampuh adalah memperbanyak bergaul dengan teman yang sholeh/ah. karena secara tidak langsung kita akan mengikuti kebiasaan dari lingkungan kita. Jika lingkungan kita orang yang rajin sholat, maka lambat laun kita juga akan menjadi orang yang seperti itu. Begitu pula dengan lingkungan yang senang maksiat, kita pun pasti akan menjadi seperti itu.

Seperti sabda Nabi sallallahu 'alaihi wa sallam, “Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Itulah beberapa tips untuk senantiasa istiqomah dalam berhijrah. Semoga bermanfaat dan bisa dibagikan kepada teman-teman yang berusaha juga untuk istiqomah untuk mendulang pahala jariyah. Terima kasih


Click to comment