Type something and hit enter

ads here
By On
advertise here
Berhijrah Tak Semudah Membalikkan Telapak Tangan

Hijrah adalah proses untuk menjadi diri yang lebih baik, setelah sebelumnya bergelimang dalam gelapnya kemaksiatan yang sering dilakukan. Proses yang begitu indah bagi orang-orang yang diberikan hidayah olehNya. Hijrah itu tentang bagaimana merangkat, berjalan, dan pada akhirnya berlari menuju ridhaNya. Bukan seberapa cepat akan tetapi seberapa kuat ia bertahan.

Istiqomah adalah fase yang paling sulit, karena hati manusia sangat mudah terbolak-balik. Memang benar ada fase dimana, iman yang begitu menggebu-gebu, rasa ingin tahu yang tinggi, ingin berubah, ingin semakin dekat denganNya itu luntur, ada saat dimana semua semangat itu lambat laun akan mulai memudar, dan terkalahkan dengan hal-hal yang memuskan hati manusia. Sangat susah tuk meluruskan niat yang kadang berbelok tak berarah, berliku, tidak selalu lurus. Tidak mudah untuk berjuang tetap tegak dalam arus yang berbeda di zaman yang modern ini.

Tak ada yang bisa merubah seseorang, kecuali atas kemuannya sendiri tentunya dengan izin Allah azza wa jalla. Jika pada proses 'perubahan' Engkau hanya butuh berjalan lambat. Maka ketika Engkau menjaga perubahan itu, Engkau harus memeluknya erat-erat. Agar tidak satupun dari perubahanmu yang akhirnya lepas satu-lalu dan mengmbalikan dirimu ke masa lalu yang kelam.

Berbicara mengenai istiqomah, pasti tidak akan lepas dengan cacian yang akan diterima, itu adalah fitrah karena tidak semua orang suka dengan jala yang lurus. Jika Engaku mempunyai benteng yang kuat, maka Engkau tidak akan mudah tuk digoyahkan dengan serangan apapun. 

Berubah itu adalah proses yang begitu sulit, Engkau akan merasakan bagaimana sulitnya menjaga 'perubahan' itu setelah Engkau benar-benar sudah berubah. Tapi tenang, tak perlu takut, karena perubahan ini tidak lama. Jika Kita meninggal besok maka hanya sampai hari esok kita berubah. Dan Allah akan memberikan ganjaran yang besar bagi hambaNya yang meninggal dan dia dalam keadaan sudah berubah dan beriman kepadaNya. Ganjarannya apa? Surganya yang seluar langit dan bumi.

Engkau tidak akan mengalami penyesalan yang mendalam di akhirat kelak jika mampu untuk bertahan dalam derasnya cobaan pada saat berhijrah. Allah itu akan bersama dengan orang-orang yang sabar. Dan SyurgaNya hanya untuk orang-orang yang bersabar dalam menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya.

Click to comment