Tips Hijrah Bagi Kaum Wanita Muslimah



Pada dasarnya setiap wanita di dunia ini, terlepas dari masa lalu, wanita sebagai salah satu ciptaan Allah SWT selalu memiliki kesempatan untuk berubah ke arah yang lebih baik serta tentunya memiliki kesempatan untuk menjadi seorang muslimah yang taat bergama. Perubahan ini dengan dilakukan dengan cara berubah untuk menjadi lebih dekat dengan Allah SWT. Salah satunya dengan menutup aurat dan mengenakan pakaian para syar'i yang sesuai dengan ajaran Islam.

Namun, selalu berusaha menjadi lebih baik dari hari-hari sebelumnya kadangkala menjadi tantangan tersendiri bagi seorang wanita yang hendak ingin berhijrah. Setidaknya terdapat 2 poin penting yang harus kita ketahui dalam proses berhijrah yaitu adalah sebagai berikut:

  • Proses yang dapat kita kendalikan dan berasal dari kita adalah semua yang berkaitan dengan segala upaya yang telah dilakukan dengan niat yang baik.
  • Prosesnya tidak bisa kita kendalikan oleh diri sendiri, melainkan datangnya dari Allah SWT, jika Dia berkehendak maka pintu hidayah untuk melakukan hijrah akan terbuka lebar
  • Proses yang kan dilalui tentunya tidak akan instan, harus dilakukan secara konsisten dan membatasi pergaulan yang akan mempengaruhi proses hijrah kita.

Bicara soal tuntunan, tentu kita tahu bahwa proses instruksi dari Sang Pencipta harus dilanjutkan, bukan diharapkan. Berikut 5 tips Hijrah bagi wanita Muslim:

Niat dan hati yang tulus

Hal yang wajib kita ketahui bahwa, semua tergantung niat dan niat kita untuk hijrah karena Allah Ta'ala. Mungkin ketika kita mulai bermigrasi akan ada ejekan, ejekan atau bahkan intimidasi terhadap kita. Tapi, terkadang untuk hal yang baik kita harus menjadi orang tuli yang baik.


Bersihkan Hati, Jiwa dan Raga Anda

Kadangkal hati kita terasa sulit bersentuhan dengan nilai-nilai kebenaran karena jiwa dan hati kita masih kotor. Kita akan selalu berusaha mencari pembenaran atas apa yang kita anggap benar, tapi pandangan Islam itu salah. Contoh sederhananya adalah ketika kita tidak ingin memakai jilbab karena sulit mencari pekerjaan, ketika sulit mencari pekerjaan, bagaimana caranya kita bisa bertahan hidup? Nyatanya, bahwa tidak semua pekerjaan yang ada tidak menggunakan kerudung sama sekali, masih banyak pekerjaan lain yang dapat kita temukan. Jika hewan reptil dijamin oleh Allah SWT, bagaimana mungkin manusia yang diberkahi akal berpikir kehilangan rezekinya?

Berkumpul dengan orang-orang saleh

Jika kita memiliki teman yang selalu membantu kita dalam menaati Allah SWT, pegang erat dia dan jangan pernah melepaskannya. Karena mencari teman yang baik itu sulit, tetapi melepaskan itu sangat mudah.

Rasulullah bersabda: “Seseorang bergantung pada agamanya dan teman-temannya, maka biarlah salah satu dari kalian melihat siapa temannya (HR Ahmad dan Tirmidzi).
Seorang teman yang beriman dan saleh ketika kita berbaur dengan mereka, maka secara perlahan-lahan kita akan mulai mengikuti kebiasaan baik yang dilakukan. Sebagian besar orang yang memiliki iman yang baik maka mereka cenderung akan peduli untuk menuntun kita ke arah yang lebih baik. Jadi pastikan untuk tidak mengsia-sikan tipikal teman yang seperti itu

Nikmati proses dan kesabaran

Kesabaran adalah sahabat pengetahuan. Karena ilmu tidak akan didapat tanpa kesabaran dan proses yang panjang. Begitu pula dalam proses migrasi, menikmati prosesnya adalah salah satu kunci isttiqamah hijrah Anda.

Jangan menunda untuk hijrah

Sebagian besar perempuan yang gagal bermigrasi adalah mereka yang menunda-nunda “Ah nanti saja”. Kebiasaan kita begini karena kemalasan, perlu diketahui bahwa kata "nanti" adalah bagian dari bala tentara iblis.

Ingat nasehat Imam Syafi 'Aku bersama para sufi. Saya tidak mendapat pelajaran darinya tentang dua hal, dia mengatakan waktu itu seperti pedang, jika Anda tidak memotongnya akan memotong Anda.

Post a comment

Previous Post Next Post